Minggu, 12 Mei 2013

Tips Menata Ruang Tamu Sempit Terkesan Lega

[Image: F0022-ruang-tamu-sempit-285x300.jpg] Menata ruang tamu sempit memang sulit dan membingungkan. Pada ruang tamu, Anda tentunya perlu meletakkan berbagai macam furniture untuk mendukung fungsi ruang tersebut seperti kursi dan meja. Namun, meletakkan furniture-furniture tersebut justru akan menyebabkan ruangan makin sempit. 

Hal ini akan semakin menjadi masalah bagi Anda jika Anda sedang kedatangan banyak tamu. Jika masalah ruang tamu sempit semacam ini terjadi pada Anda, jangan khawatir. Jangan merasa minder dan kecewa karena tidak membeli rumah yang lebih luas. Namun, jadikan ini sebagai tantangan bagi Anda untuk menjadi lebih kreatif dalam menatanya. 

Simaklah beberapa tips di bawah ini. Siapa tahu bisa membantu Anda untuk mensiasati ruang tamu sempit di rumah Anda. 

Cat : Untuk cat, hindarilah menggunakan warna-warna gelap untuk dinding ruang tamu. Warna gelap akan memberi kesan sempit dan menekan. Gunakanlah warna-warna cerah supaya ruang terkesan lega. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan warna cat dengan warna furnitur untuk menimbulkan kesan unity pada ruangan. Dengan begini, ruang tamu tidak terkesan ramai dan penuh.  

Kaca : Jika semua dinding di ruang tamu Anda berupa dinding bata, jika memungkinkan, lubangilah salah satu dinding dan buatlah jendela kaca yang cukup lebar. Dinding yang paling disarankan adalah dinding yang membatasi ruang tamu dengan teras rumah. Dengan begini, jarak pandang yang bisa diakses dari ruang tamu Anda akan bertambah.  

Perabot : Pilihlah perabot yang mungil dan minimalis untuk ruang tamu sempit. Untuk kursi, gunakan kursi rotan atau sofa mungil bersandaran rendah supaya ruang tamu tidak terkesan penuh. Gunakan juga meja yang rendah untuk menserasikannya dengan kursi.  

Pencahayaan : Pastikan ruang tamu Anda memiliki pencahayaan yang cukup sehingga ruang tidak terasa gelap dan sempit. Akan jauh lebih baik lagi jika Anda bisa menggunakan pencahyaan alami untuk ruang tamu Anda karena pencahayaan alami akan menimbulkan suasana yang hidup. 

Penggabungan Ruang : Menggabungkan ruang tamu dengan ruang keluarga akan memperluas ruang tamu Anda secara efektif. Anda mungkin berpikir cara ini bisa mengurangi privasi ruang keluarga Anda. Solusinya, pasanglah partisi dekoratif untuk membatasi ruang tamu dengan ruang keluarga. Dengan begini, privasi keluarga Anda tetap terjaga. Partisi ini bisa Anda pindahkan jika Anda kedatangan banyak tamu dan ruang tamu Anda tidak cukup untuk menampung mereka semua. 

Dekorasi : Tentunya Anda ingin menambah beberapa elemen dekoratif pada ruang tamu Anda untuk mempercantik ruang tersebut. Namun, salah memiliki dekorasi justru akan membuat ruang tamu Anda terkesan lebih sempit lagi. Pilihlah dekorasi minimalis yang bisa dipasang di dinding. Atau, pasang beberapa foto dalam sebuah susunan yang apik. Tambahkan juga sebuah ornamen yang cantik di atas meja. Jika Anda bisa menemukan sebuah dekorasi yang benar-benar unik, Anda bisa menjadikannya sebagai point of interest. 

Tidak begitu sulit, bukan? Jika Anda memiliki ide-ide lain selain yang disebutkan di atas, jangan takut untuk mencoba menerapkannya pada ruang tamu Anda. Siapa tahu, cara tersebut bisa membuat ruang tamu sempit Anda menjadi unik dan terkesan luas. Hubungi : TukangKite.com

Source : MajalahDesainRumah

4 komentar:

  1. terima kasih gan atas infonya, sangat bermanfaat dan juga sangat membantu.
    salam kenal ya.

    BalasHapus
  2. makasih banyak atas sarab dab infonya kebetulan rumah saya memiliki rung yang terbatas sehingga pengen menata ulang supaya terlihat lega dan juga tamu yang berkunjung nyaman ketika berada dirumah saya

    oya mohon maaf ya gan sebelumnya, ane mau numpang share beberapa info barangkali ada yang lagi nyari rumah, bisa cek beberapa link di bawah ini hehehe

    Perumahan Baru
    rumah dijual medan
    rumah dijual murah di depok
    rumah dijual purwokerto

    BalasHapus
  3. wah thanks banget gan untuk tipsnya, berguna banget nih buat yang mempunyai ruang terbatas diruang tamunya

    yuk gan disimak informasi properti dibawah ini

    rumah dijual di balikpapan
    rumah dijual di jogja
    rumah dijual di medan
    rumah dijual di tangerang

    thanks gan

    BalasHapus